10 Januari 2009

Beragam Definisi Tentang Komunikasi Massa

1. Definisi Pers/ Komunikasi MassaMenurut uu no.40/1999

Pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.


2. Definisi Pers/ Komunikasi Massa Menurut Ahli Komunikasi :

Komunikasi massa adalah suatu proses dimana komunikator menggunakan media untuk menyebarluskan pesan-pesan secara luas dan terus-menerus menciptakan makna-makna serta diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan beragam dengan melalui berbagai macam cara (DeFleur & McQuails,1989). Definisi yang disampaikan DeFleur & McQuails lebih menekankan pada kegiatan media yang dapat mempengaruhi khalayak, sedangkan menurut uu no.40/1999 lebih menekankan pada kegiatan media secara umum dan cirri-cirinya.

Komunikasi massa adalah suatu proses dengan mana organisasi-organisasi media memproduksi dan mentransmisikan pesan-pesan kepada publik yang besar, dan proses di mana pesan-pesan itu dicari, digunakan, dimengerti, dan dipengaruhi oleh audience(Littlejohn,1999 hal 327). Littlejohn menekankan definisikan komunikasi massa sebagai proses produksi dan transmisi pesan dalam komunikasi massa yang sangat dipengaruhi oleh kebutuhan dan kepentingan audience.

Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar (Joseph R. Dominick). Definisi ini lebih melihat pada proses penyampaian pesan oleh media kepada komunikan yang mempunyai ciri-ciri khusus, sedangkan definisi menurut uu no.40/1999 lebih bersifat umum.

Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat (Jalaluddin Rakhmat). Menekankan definisi komunikasi massa dengan cirri-ciri komunikan yang unik dan tersampainya pesan yang serentak oleh komunikan.

Joseph A. DeVito merumuskan definisi komunikasi massa yang pada intinya merupakan penjelasan tentang pengertian massa, serta tentang media yang digunakannya. Ia mengemukakan definisinya dalam dua item. Pertama, komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak yang meliputi seluruh penduduk atau semua orang yang menonton televisi, tetapi ini berarti bahwa khalayak itu besar dan pada umumnya agak sukar untuk didefinisikan.  Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan/atau visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih mudah dan lebih logis bila didefinisikan menurut bentuknya: televisi, radio siaran, surat kabar, majalah dan film (Joseph A. DeVito).

Tidak ada komentar: